SEKILAS INFO
Wednesday, 23 September 2020
  • 5 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru STKIP Adzkia

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

 

SEJARAH

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia didirikan berdasarkan SK kemenristekdikti No. 654/KPT/I/2017 tanggal 17 November 2017. Pejabat Penandatangan SK Pendirian Prodi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia yaitu Ainun Na’im. STKIP Adzkia memiliki Rencana Strategis (Renstra) tahun 2017 – 2021 yang menjabarkan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi yang menjadi kesepakatan sebagai tujuan bersama yang ingin dicapai. Di dalam Rencana strategis dijelaskan langkah-langkah pencapaian yang disertai dengan indikator kinerja strategis yang menunjukkan tolok ukur keberhasilan pencapaian cita-cita organisasi.

Rencana strategis ini menjadi acuan bagi setiap Program Studi yang berada di lingkungan STKIP Adzkia dalam menyusun rencana kerja tahunan. Sasaran dan indikator kinerja strategis telah disusun dengan mempertimbangkan berbagai aspek, yaitu: aspek eksternal, aspek internal, nilai yang dianut serta issue-issue strategis organisasi.

Mengacu pada visi STKIP Adzkia yaitu: “Menjadi Institusi yang kokoh, berbudaya dan Islami di Sumatera tahun 2025”, maka Prodi Pendidikan Matematika menurunkan visinya yaitu: “Menjadikan program studi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia sebagai pusat  pengembangan Pendidikan Matematika berbasis karakter cerdas dan Islami serta menguasai IPTEK pada tahun 2025”, bermakna bahwa Pendidikan Matematika mendapat kepercayaan dari masyarakat luas sebagai tempat yang tepat untuk memperoleh pendidikan, akuntabel, ditopang oleh manajemen dan tata kelola dan menguasai IPTEK yang baik berbasis karakter cerdas dan Islami. Kata “Islami” merupakan falsafah dan kerangka yang mendasari dan membingkai segenap aktivitas internal dan eksternal STKIP Adzkia, merujuk kepada Al Qur’an dan Sunnah. Tahun 2025 merupakan momentum pencapaian sebagai salah satu institusi yang unggul dalam pembelajaran (excellent in learning).

 

VISI:

Menjadi Program Studi  yang kokoh, berdaya saing,  dan Islami di Sumatera tahun 2025”


MISI:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Matematika dengan kompetensi sebagai guru Matematika sesuai dengan kebutuhan daerah serta perkembangan IPTEK
  2. Menyelenggarakan pembelajaran dengan mengintegrasikan pengetahuan umum dan nilai-nilai agama yang mengarah kepada pembentukan kepribadian Islami.
  3. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika sebagai landasan dalam pembelajaran dan pengabdian kepada
  4. Mengembangkan prodi yang berbasis IPTEK sebagai sarana memasuki dunia kerja serta pengembangan diri.

 

TUJUAN:

  1. Menghasilkan pendidik bidang matematika yang kompeten dan professional.
  2. Mewujudkan iklim kecendekiawanan dalam proses pembelajaran yang berdasarkan pada pembentukan karakter cerdas dan Islami.
  3. Menghasilkan riset dan publikasi bidang pendidikan matematika guna berkontribusi dalam pengembangan pendidikan matematika di sekolah.
  4. Mewujudkan profil sarjana Pendidikan Matematika muslim yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta menguasai IPTEK.
  5. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang Pendidikan Matematika dan pembelajaran di Prodi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia Padang.

 

PROFIL LULUSAN:

Profil lulusan adalah basis perumusan kurikulum sebuah program studi, target sekaligus tolok-ukur berhasil/tidaknya sebuah kurikulum program studi untuk menghasilkan lulusan-lulusan dengan kompetensi yang diinginkan.

Prodi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia merujuk pada naskah akademik tentang profil lulusan yang dikeluarkan oleh Himpunan Matematika Indonesia (Indo MS). Himpunan ini merupakan asosiasi dari para matematikawan, ahli pendidikan matematika dan peminat matematika di tingkat nasional. Profil tersebut kemudian modifikasi dengan memasukkan nilai-nilai khas STKIP Adzkia yakni pembentukan karakter cerdas dan Islami. Profil utamanya adalah sebagai pendidik matematika yang memiliki karakter cerdas dan Islami.

Adapun Profil Lulusan Program Studi S1 Matematika adalah:

  1. Pendidik di bidang matematika (Guru Matematika SMP/SMA/SMK), yang

memiliki karakter cerdas dan Islami.

  1. Peneliti Pendidikan Matematika
  2. Enterpreneur dan Edupreneur
  3. Penulis Pendidikan Matematika
  4. Konsultan
  5. Manager

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Matematika?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Pendidikan Matematika.

  1. Kamu bisa mengajar di SMP/MTS, SMA/SMK/STM sederajat .
  2. Kamu juga bisa mengajar di perguruan tinggi (dosen) jika kamu lanjut S2.
  3. Jika kamu memiliki kemampuan mengajar matematika dengan asyik dan unik, kamu akan dicari oleh banyak sekolah dan lembaga belajar. Kamu juga bisa buka tempat les atau privat.
  4. Bagi kamu yang suka tantangan, setelah lulus dari Jurusan Pendidikan Matematika, kamu bisa ambil bagian dalam program pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mengikuti program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T).
  5. Kamu juga bisa memberi manfaat lewat cara lain. Misalnya dengan menulis buku ajar, menyusun buku latihan soal, ataupun jadi editor yang khusus menangani pelajaran Matematika di kantor penerbitan.
  6. Kamu bisa menyalurkan ide-ide kreatifmu dalam pembelajaran Matematika dengan menjadi trainer metode belajar yang seru dan efektif supaya matematika nggak terus-menerus dianggap susah. Kamu ada peluang bergabung dengan Quipper yang lagi trend sekarang.
  7. Kamu bisa memposting konten kreatifmu tentang matematika di sosial media seperti youtube, IG, FB, WA dll, dan ini bisa jadi ladang amal lho.

 

Kurikulum

Kurikulum yang berlaku pada jurusan Pendidikan Matematika STKIP ADZKIA Padang disusun dengan berpedoman kepada Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui Perpres RI 8 tahun 2012, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 49 Tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi, Kepmendiknas RI Nomor: 323/U/2000 dan Nomor : 045/O/2000 yang memberikan peluang kepada perguruan tinggi (vokasi) untuk secara nasional memperoleh kesetaraan pengakuan lulusan oleh dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi akademik. Jadi, melalui KKNI ini secara nasional memperoleh setiap program studi yang sejenis seharusnya menghasilkan lulusan dengan kompetensi atau learning outcomes yang disesuaikan dengan standard nasional, namun tidak membatiasi cara dan kegiatan pembelajaran (different pathwaysstandardized output/outcomes), untuk merumuskan kurikulum berdasarkan Konsep KKNI.

Program studi Pendidikan Matematika menetapkan beban program studi sarjana adalah 144-160 sks dengan lama studi 7-14 semester. Beban wajib minimum adalah 136 sks, sedangkan bagi mahasiswa yang ingin menempuh lebih dari itu disediakan mata kuliah yang bersifat pilihan dengan jumlah maksimal sampai dengan 9 sks. Jadi total SKS minimal adalah 145 SKS.

Selain mata kuliah wajib mahasiswa dapat memprogramkan mata kuliah pilihan yang diitawarkan serta memprogramkan mata kuliah pilihan bidang keahlian dan lintas bidang keahlian.

 

KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP ADZKIA

NO Kode MK Mata Kuliah Umum (MKU) Sifat T P L Total SKS
A.  WAJIB
1 STA501 Bahasa Indonesia W 2     2
2 STA502 Bahasa Inggris W 2     2
3 STA503 Pendidikan Agama Islam W 2     2
4 STA504 Pendidikan Kewarganegaraan W 2     2
5 STA505 Pendidikan Pancasila W 2     2
JUMLAH   10     10
B. PILIHAN
1 STA506 Ilmu Sosial Budaya Dasar P 2     2
JUMLAH   2     2
SKS WAJIB MKU         10
NO Kode MK Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) Sifat T P L Total SKS
A. WAJIB
1 STA507 Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan W 2     2
2 STA508 Psikologi Pendidikan W 2     2
3 STA509 Bimbingan dan Konseling W 2     2
JUMLAH   4     6
B. PILIHAN
1 STA510 Profesi Kependidikan P 2     2
2 STA511 Filsafat Pendidikan P 2 2
JUMLAH SKS PILIHAN   4     4
SKS PILIHAN WAJIB         2
SKS WAJIB MKDK         8
NO Kode MK Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) Sifat T P L Total SKS
A. WAJIB
1 MAT001 Kalkulus W 3 0   3
2 MAT002 Biologi Umum W 2 1   3
3 MAT003 Kimia Umum W 2 1   3
4 MAT004 Fisika Umum W 2 1   3
5 MAT005 Pengantar Dasar Matematika W 2 1   3
6 MAT006 Teori Bilangan W 2 1   3
7 MAT007 Analisis Riil 1 W 2 1   3
8 MAT008 Metode Numerik W 2 1   3
9 MAT009 Geometri Bidang dan Ruang W 2 1   3
10 MAT010 Statistika Matematika 1 W 2 1   3
11 MAT011 Pengantar Riset Operasi W 2 1   3
12 MAT012 Geometri Analitik Bidang dan Ruang W 2 1   3
13 MAT013 Teknik Sampling W 2 1   3
  JUMLAH   27 12   39
  B. PILIHAN          
1 MAT014 Sejarah Matematika P 2     2
2 MAT015 Analisis Riil 2 P 2 1   3
3 MAT016 TFV Komplek 1 P 2 1   3
4 MAT017 Pendidikan Kewirausahaan P 2     2
5 MAT018 Aplikasi Komputer Lanjut P 2 1   3
6 MAT019 Geometri Transformasi P 2     2
  JUMLAH  SKS PILIHAN   12 3   15
  SKS WAJIB         7
  SKS WAJIB MKBK         46
               
NO Kode MK Mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) Sifat T P L Total SKS
  A. Wajib          
1 MAT020 Psikologi Pembelajaran Matematika W 2     2
2 MAT021 Rancangan Pembelajaran Matematika W 2 1   3
3 MAT022 Media Pembelajaran Matematika W 1 2   3
4 MAT023 Strategi Pembelajaran Matematika W 2 1   3
5 MAT024 Evaluasi Pembelajaran Matematika W 2 1   3
6 MAT025 Telaah Kurikulum Matematika Sekolah W 2 1   3
7 MAT026 Pengajaran Mikro W   2   2
  JUMLAH   11 8   19
  SKS WAJIB MKKPP         19
NO Kode MK Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan (MKPP) Sifat T P L Total SKS
1 MAT027 Metode Penelitian Pendidikan W 3     3
2 MAT028 Bahasa Inggris untuk Matematika W 2     2
3 MAT029 Seminar Matematika W 2     2
4 STA512 Skripsi W     6 6
5 STA513 PPL W     4 4
  JUMLAH   7   10 17
  SKS WAJIB  MKPP         17
NO Kode MK Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKKK) Sifat T P L Total SKS
1 MAT030 Aljabar Dasar dan Trigonometri W 2 1   3
2 MAT031 Aljabar Linier Elementer W 2 1   3
3 MAT032 Statistika Elementer W 3     3
4 MAT033 Kalkulus Vektor W 3     3
5 MAT034 Struktur Aljabar W 1 2   3
6 MAT035 Kalkulus Lanjut W 2 1   3
7 MAT036 Aplikasi Komputer W 1 1   2
8 MAT037 Dasar – Dasar Pemograman Komputer W 3     3
  JUMLAH   17 6   23
  SKS WAJIB  MKKK         23
 
NO Kode MK Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) Sifat T P L Total SKS
A. Wajib
1 MAT038 Persamaan Diferensial Biasa W 2 1   3
2 MAT039 Matematika Diskrit W 2 1   3
  JUMLAH   4 2   6
  SKS WAJIB  MKKB         6
 
NO Kode MK Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MKPB) Sifat T P L Total SKS
1 STA514 Bahasa Arab Terapan W 1 1   2
2 STA515 Wawasan Keislaman W 2     2
3 STA516 Tarbiyatul Aulad W 2     2
4 STA517 Siroh Nabawiyah W 1 1   2
5 STA518 Karakter Salimul Aqidah W       0
6 STA519 Karakter Shahih Al-Ibadah W       0
7 STA520 Karakter Matiin Al Khuluq W       0
8 STA521 Karakter Mustafaq Al Fikr W       0
9 STA522 Karakter Mujahid Li An Nafsi W 1     1
10 STA523 Karakter Hariis ‘Ala Waqtihi W 1     1
11 STA524 Karakter Nafi’Li Ghairihi W 1     1
12 STA525 Karakter Lanjutan W       0
13 STA526 Tahfidz I W   1   1
14 STA527 Tahfidz II W 1     1
15 STA528 Tahfidz III W   1   1
  JUMLAH   10 4   14
  SKS WAJIB  MKPB         14
NO Kode MTK Mata Kuliah Kehidupan Bersama (MKKB) Sifat T P L Total SKS
1 STA529 Personality Development W 2 0 0 2
  JUMLAH   2     2
  SKS WAJIB MKKB         2
  TOTAL SKS         157
  SKS TOTAL MINIMAL         145

 

 

Capaian pembelajaran prodi Pendidikan Matematika

 

Dalam penyusunan capaian pembelajaran Prodi Pendidikan Matematika STKIP Adzkia merujuk pada naskah akademik yang dikeluarkan oleh Himpunan Matematika Indonesia (Indo MS) dengan melakukan modifikasi dan penambahan terutama untuk bidang agama Islam dan karakter islam, hal ini mengingat profil lulusan yang ingin dihasilkan oleh prodi Pendidikan Matematika tidak hanya berkompeten dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, namun juga memiliki karakter cerdas dan Islami.

 

 

Parameter Deskripsi

 


Capaian Pembelajaran
 

Deskripsi Sikap

 

KS1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius

 

 

KS2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

 

 

KS3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

 

KS4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab kepada bangsa dan negara

 

 

KS5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

 

 

KS6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

 

 

Kemampuan di bidang kerja

 

 

KK1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik  matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup

 

 

KK2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji

 

 

KK3. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika

 

 

KK4 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya

 

 

Kemampuan di bidang pengetahuan

 

KP1. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup

 

 

KP2. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik  yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut

 

 

KP3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika.

 

 

KP4    Menguasai pengetahuan faktual  tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika.

 

 

KP5. Menguasai metodologi penelitian matematika untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika.

 

 

KP6 Memeiliki pengetahuan manajemen dan kemampuan dasar kewirausahaan

 

 

Kemampuan Manajerial

 

 

KM1. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

 

 

KM2. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.

 

KM3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan yang relevan.

 

 

KM4 Mampu mengkaji data dan informasi untuk menentukan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada di bidang pendidikan secara mandiri dan kelompok sebagai dasar pengambilan keputusan.

 

 

KM5 Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik local, nasional, regional, maupun internasional

 

 

Kemampuan di bidang Agama Islam

 

KA 1. Mampu memahami hal-hal pokok tentang pendidikan dalam islam termasuk pendidikan anak.

 

KA 2. Mampu bercermin dari kisah dan sejarah hidup Rasulullah SAW untuk dijadikan teladan dalam kehidupan khususnya dalam membina dan mendidik generasi penerus.

 

 

KA 3. Mampu menghafal dan memahami qur’an juz 30 dan ayat-ayat al quran yang berkaitan dengan matematika.

 

 

KA 4. Memiliki wawasan yang luas terkait islam dan dunia Islam

 

 

KA 5. Memiliki akhlaq yang sesuai dengan tuntunan agama Islam

 

 

 

 

Profil Dosen

Prodi Pendidikan Matematika saat ini memiliki Enam (6) orang dosen tetap sebagai berikut.

No Nama Bidang Keahlian

 

Riset
1 Meria Ultra Gusteti, M. Pd Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Hands On Mathematics Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa

 

 

Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa kelas X SMA

 

 

Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa

 

Defragmenting Struktur Berpikir Calon Guru dalam Memecahkan Masalah Matematika Tingkat Tinggi

2 Suci Wulandari, M. Pd Pendidikan Matematika Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP

 

Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa kelas X SMA

 

Defragmenting Struktur Berpikir Calon Guru dalam Memecahkan Masalah Matematika Tingkat Tinggi

3 Asrina Mulyati, M. Pd Pendidikan Matematika Validitas Modul Materi Fungsi Pembangkit Berbasis Penemuan Terbimbing

 

Authentic Assesment sebagai upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar

4 Sri Novia Martin, M. Pd Pendidikan Matematika Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal bilangan real
5 Khairul Azmi, S. Pd., M. Si Matematika Pengaruh  kemampuan menyelesaikan tugas akhir membuat tutorial SPSS di youtube Mata Kuliah Statistika Pendidikan terhadap minat penelitian ekperimen mahasiswa PGSD STKIP Adzkia PadangS
6 Widdya Rahmalina, M. Si Matematika Peramalan Indeks Kekeringan Kelayang Menggunakan Metode Sarima dan SPI

 

Pengumuman

Surat Edaran Wakil Ketua tentang Perubahan Jadual Perkuliahan Mahasiswa Semester III, V, dan VII

SURAT KEPUTUSAN TENTANG PENETAPAN MAHASISWA PENERIMA BANTUAN UKT T.A 2020-2021

SURAT EDARAN TENTANG PELAKSANAAN PENYELESIAAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI MAHASISWA PADA MASA NEW NORMAL