PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
- Yuk Baca Sejarah Berdirinya Pendidikan Fisika dan mari berkenalan dengan dosen-dosen PBI di STKIP ADZKIA
Pendirian STKIP Adzkia, pada Yayasan Adzkia Sumatera Barat ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 111/D/O/2009 dan sudah mendapatkan SK perpanjangan izin No. 8799/D/T/K-X/2011, tentang perpanjangan izin STKIP ADZKIA, Yayasan Adzkia Sumatera Barat, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar yang memadai. Pada awal pendirian STKIP Adzkia telah mendapatkan izin pembukaan prodi PGSD dan PG-PAUD. Pada tahun 2016 STKIP Adzkia memperoleh izin pembukaan Prodi Pendidikan Fisika dengan No. SK: 435/KPT/I/2016 Di awal pendiriannya Prodi Pendidikan Fisika sudah memiliki 6 orang dosen tetap yang berasal dari beberapa kampus terkemuka di Indonesia. Mari berkenalan dengan dosen Prodi Pendidikan Fisika:
Nama Dosen | Bidang Ahli | Tema Riset |
Desy Eka Muliani. M.Pd
|
Pendidikan Fisika | Media Pembelajaran |
Ena Suma Indrawati. M.Pd
|
kreativitas, | kemampuan pemecahan masalah |
Widya, M.Pd | pendidikan karakter, kreativitas, | bahan ajar terintegrasi |
Yeni Nurpatri. M.Pd
|
Pendidikan Fisika | Media pembelajaran |
Yusmanila. M.Pd
|
pendidikan karakter, literasi sains | bahan ajar terintegrasi |
Zaturrahmi. M.Pd
|
aktivitas belajar, media pembelajaran | Media Pembelajaran |
Pada awal berdirinya Program Studi Pendidikan Fisika dipimpin oleh Ibu Zaturrahmi M.Pd. Selanjutnya pada tahun 2019 kepemimpinan Program Studi Pendidikan Fisika diamanahkan kepada Ibu Desy Eka Muliani. M.Pd.
Alasan mengapa harus memilih jurusan Pendidikan Fisika
- Peluang karir yang tinggi baik menjadi Pendidik, fasilisator dan mentor untuk pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi fisika yang baik. Memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu fisika dan pembelajarannya dengan bercirikan karakter yang islami.
- Selain menjadi pendidik, lulusan prodi Pendidikan Fisika juga berpotensi menjadi peneliti dan asisten, Pengelola lembaga/satuan pendidikan dan Laboran (Pengelola Lab Fisika dan Lab IPA).
- Mendapat ijazah pendamping
Yuk intip Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika
Visi dari Program Studi Pendidikan Fisika adalah “Menjadi Program Studi Penghasil Tenaga Pendidik Bidang Fisika yang Cerdas dan Memiliki
Pengetahuan Berbasis IPTEK Terintegrasi Karakter Islami”.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan bidang Fisika dengan kompetensi sebagai pendidik yangprofesional, berbasis perkembangan IPTEK.
- Menyelenggarakan pembelajaran Fisika terpadu dengan mengintegrasikan pengetahuanumum dan nilai-nilai agama menuju pembentukan kepribadian Islami.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang Fisika dan pembelajarannya melaluikerjasama dan kemitraan.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Fisika yangbertujuan pada optimasi pembelajaran dan citra lembaga.
Kuliah di jurusan Pendidikan Fisika dilakukan selama 4 Tahun atau 8 semester. Selama proses perkuliahan, kita akan mendalami ilmu-ilmu tentang Fisika Dasar, Termodinamika, Mekanika dan juga ilmu Fisika murni dan tentunya juga dibekali kemampuan menjadi pengajar Fisika yang professional. Disamping hal tersebut, kuliah di Pendidikan Fisika di STKIP Adzkia kamu akan juga akan dibekali dengan kurikulum ke Adzkiaan yang menekankan pada pengetahuan agama yang lebih luas.
.
- KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA
Semester I
No | Kode MTK | Nama MTK | SKS | |
1 | STA301 | Bahasa Indonesia | 2 | |
2 | STA302 | Bahasa Inggris | 2 | |
3 | STA303 | Pendidikan Agama Islam | 2 | |
4 | STA317 | Karakter Salimul Aqidah | ||
5 | FIS001 | Fisika Umum | 2 | |
6 | FIS003 | Biologi Umum | 2 | |
7 | FIS004 | Kimia Umum | 2 | |
8 | FIS005 | Kalkulus | 2 | |
9 | FIS026 | Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan | 2 |
Semester II
No | Kode MTK | Nama MTK | Sifat | |
1 | STA309 | Psikologi Pendidikan | 2 | |
2 | STA305 | Pendidikan Pancasila | 2 | |
3 | STA314 | Wawasan Keislaman | 2 | |
4 | STA318 | Karakter Shahih Al-Ibadah | 2 | |
5 | STA324 | Tahfidz 1 | 2 | |
6 | FIS002 | Fisika Dasar | 2 | |
7 | FIS006 | Fisika Matematika 1 | 3 | |
8 | FIS008 | Alat Ukur dan Metoda Pengukuran Fisika | 2 | |
9 | FIS024 | Filsafat dan Sejarah Fisika | 2 | |
10 | FIS035 | Bahasa Inggris untuk Fisika | 2 | |
11 | FIS043 | Aplikasi Komputer | 2 |
Semester III
No | Kode MTK | Nama MTK | SKS | |
1 | STA304 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | |
3 | STA319 | Karakter Matiin Al Khuluq | 2 | |
4 | FIS007 | Fisika Matematika 2 | 3 | |
5 | FIS011 | Elektronika Dasar | 2 | |
6 | FIS012 | Mekanika | 3 | |
7 | FIS013 | Statistika Dasar | 3 | |
8 | FIS028 | Strategi Pembelajaran Fisika | 2 | |
9 | FIS032 | Kurikulum Fisika Sekolah Menengah | 2 | |
10 | FIS027 | Filsafat Pendidikan | 2 |
Semester IV
No | Kode MTK | Nama MTK | SKS | |
1 | STA310 | Personality Development | 2 | |
2 | STA320 | Karakter Mutsaqaf Al Fikr | ||
3 | STA325 | Tahfidz II | 1 | |
4 | STA307 | Bimbingan dan Konseling | 2 | |
5 | FIS014 | Fisika Modern | 3 | |
6 | FIS015 | Dasar-Dasar Pemograman Komputer | 2 | |
7 | FIS016 | Listrik dan Magnet | 3 | |
8 | FIS017 | Termodinamika | 3 | |
9 | FIS009 | Fisika Sekolah 1 | 3 |
Semester V
No | Kode MTK | Nama MTK | Sifat | |
1 | STA316 | Siroh Nabawiyah | 1 | |
2 | STA321 | Karakter Mujahid Li An Nafsi | 1 | |
3 | FIS010 | Fisika Sekolah 2 | 3 | |
4 | FIS018 | Gelombang dan Optik | 3 | |
5 | FIS019 | Fisika Statistik | 3 | |
6 | FIS020 | Fisika Zat Padat | 3 | |
7 | FIS030 | Perencanaan Pengembangan Perangkat Pemblj. Fisika | 2 | |
8 | FIS031 | Evaluasi Pembelajaran Fisika | 3 |
Semester VI
No | Kode MTK | Nama MTK | Sifat | |
1 | STA315 | Tarbiyatul Aulad | 2 | |
2 | STA313 | Bahasa Arab Terapan | 1 | |
3 | STA322 | Karakter Hariis ‘Ala Waqtihi | 1 | |
4 | STA308 | Profesi Kependidikan | 2 | |
5 | FIS029 | Media Pembelajaran Fisika | 2 | |
6 | FIS021 | Fisika Kuantum | 3 | |
7 | FIS022 | Fisika Inti | 3 | |
8 | FIS033 | Metode Penelitian Pendidikan | 3 | |
9 | FIS034 | Pembelajaran Micro | 2 |
Semester VII
No | Kode MTK | Nama MTK | Sifat | |
1 | STA312 | PPL | 4 | |
2 | STA323 | Karakter Nafi’Li Ghairihi | 1 | |
3 | STA326 | Tahfidz III | 1 | |
4 | FIS025 | Seminar Fisika | 2 | |
5 | FIS023 | Laboratorium Fisika Sekolah | 2 | |
6 | FIS042 | Sains Bumi dan Antariksa* | 2 | |
7 | STA306 | Ilmu Sosial Budaya Dasar* | 2 | |
8 | FIS039 | Pendidikan Kewirausahaan* | 2 | |
9 | FIS036 | Geofisika dan Mitigasi Bencana* | 2 | |
10 | FIS044 | Manajemen Pembelajaran Fisika* | 2 |
Semester VIII
No | Kode MTK | Nama MTK | Sifat | |
1 | STA311 | Skripsi | 6 | |
2 | STA327 | Karakter Lanjutan | ||
3 | FIS037 | Biofisika* | 2 | |
4 | FIS038 | Fisika Lingkungan* | 2 | |
5 | FIS040 | Prakarya Fisika Sekolah* | 2 | |
6 | FIS041 | IPA Terpadu* | 2 |
Profil Lulusan Pendidikan Fisika STKIP Adzkia seperti apa?
Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan prodi di masyarakat atau dunia kerja, atau jawaban atas pertanyaan: “Setelah lulus nanti, akan menjadi apa saja lulusan program studi ini?”
1. Pendidik, fasilisator dan mentor untuk pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi fisika yang baik. Memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu fisika dan pembelajarannya dengan bercirikan karakter yang islami.
2. Peneliti dan asisten pengkaji permasalahan pendidikan fisika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dengan sistem kolaboratif dengan peneliti inti. 3. Pengelola lembaga/satuan pendidikan 4. Laboran (Pengelola Lab Fisika dan Lab IPA) |
Yuk intip serunya foto-foto kegiatan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika biar kamu makin semangat bergabung bersama kami!
Foto bersama Pembentukan Hima Pendidikan Fisika Angkatan Pertama
Peringatan Hari Guru
Temu ramah dosen dan mahasiswa
Mengisi Tausiah di TVRI Padang
Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Mahasiswa ke SMPN 41 Padang