PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Apa Sih Pendidikan Bahasa Indonesia itu?
Pada Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia kita akan belajar banyak tentang bahasa Indonesia dan seluk beluknya. Banyak yang berfikir buat apa belajar bahasa Indonesia, udah lancar berbahasa Indonesia karena kita orang Indonesia. Nah tunggu dulu terlahir sebagai Warga Nergara Indonesia bukan berarti kamu paham banyak tentang bahasa Indonesia dan nilai Bahasa Indonesia di sekolah ngga bisa menjamin pemahaman yang baik terhadap bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif, seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu kita akan diajarkan bagaimana menjadi guru yang professional. Selain itu kamu juga akan memiliki pengetahuan dan keahlian lainnya ketika berkuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia diantara: kemampuan komunikasi lisan dan tulisan, kemampuan memahami bacaan dengan baik, kemampuan melakukan analisis dan berfikir sistematis, dan yang terakhir kamu akan memiliki keterampilan interpersonal.
Yuk Baca Sejarah Berdirinya Pendidikan Bahasa Indonesia
Pendirian STKIP Adzkia, pada Yayasan Adzkia Sumatera Barat ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 111/D/O/2009 dan sudah mendapatkan SK perpanjangan izin No. 8799/D/T/K-X/2011, tentang perpanjangan izin STKIP ADZKIA, Yayasan Adzkia Sumatera Barat, dianggap layak diselenggarakan karena didukung oleh sarana prasarana belajar yang memadai. Pada awal pendirian STKIP Adzkia telah mendapatkan izin pembukaan prodi PGSD dan PG-PAUD. Pada tahun 2016 STKIP Adzkia memperoleh izin pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia berdasarkan SK Kemenristekdikti dengan No SK 654/KPT/I/2017. Program Studi ini ditetapkan pada tanggal 17 November 2017. Pejabat Penandatangan SK Pendirian Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Adzkia yaitu: Ainun Na’im. Pada awal pendiriannya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sudah memiliki 5 (lima) dosen tetap dan 1 Dosen PNS.
- Dosen-dosen PBI di STKIP ADZKIA
No | Nama | Foto | Bidang Keahlian |
1 | Dina Fitria Handayani. M.Pd | Bidang Kebahasan
Riset: Pengaruh Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Adzkia Padang |
|
2 | Winda Noprina. M.Pd |
|
Bidang Kebahasaan
Riset: Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Menulis Karya Ilmiah |
3 | Zherry Putria Yanti. M.Pd | Bidang kebahasaan | |
4 | Lisa Yuniarti. M.Pd | Bidang Sastra | |
5 | Atika Gusriani. M.Pd | Bidang Kajian Kebahasaan | |
6 | Dra. Rasmayeni. M.Pd | Bidang Kajian Sastra
|
Pada awal berdirinya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dipimpin oleh Ibu Winda Noprina M. Pd. Selanjutnya pada tahun 2019 kepemimpinan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia diamanahkan kepada Ibu Dina Fitria Handayani. M.Pd.
Alasan mengapa harus memilih jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Peluang karir guru bahasa Indonesia yang tinggi tinggi baik menjadi pengajar bahasa Indonesia di dalam negeri ataupun diluar negeri melalui Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing yang dirancang oleh Balai Bahasa.
- Selain menjadi guru, lulusan pendidikan bahasa Indonesia bisa berkarier di bidang Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud sebagai pengembang kurikulum ataupun instruktur pengembangan dan pembinaan bahasa.
- Lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia, juga bisa bekerja di bidang jurnalistik atau dunia penulisan kreatif seperti penulis atau editor.
Yuk intip Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Visi
Visi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia adalah menjadi program studi yang dapat mencetak lulusan yang profesional, kompetitif dan berkarakter islami serta menguasai IPTEKS tahun 2025.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Indonesia yang profesional, demokratis, berkarakter dan berdaya saing.
- Menyelenggarakan pembelajaran dengan mengintegrasikan pengetahuan umum dan nilai-nilai agama yang mengarah kepada pembentukan kakakter Islami.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan (research and development)
- Mengembangkan prodi yang berbasis IPTEKS dan realitas dunia kerja serta pengembangan diri.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyebarluasan dan penerapan teori-teori keilmuan di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia
Kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Indoensia dilakukan selama 4 Tahun atau 8 semester. Selama proses perkuliahan, kita akan mendalami ilmu-ilmu tentang keterampilan berbahasa, ilmu kebahasaan, dan juga ilmu sastra dan tentunya juga dibekali kemampuan menjadi pengajar bahasa Indonesia yang professional. Disamping hal tersebut, kuliah di Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP Adzkia kamu akan juga akan dibekali dengan ilmu agama Islam.
Kurikulum
Kurikulum yang berlaku pada jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP ADZKIA Padang disusun dengan berpedoman kepada Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui Perpres RI 8 tahun 2012, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 49 Tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi, Kepmendiknas RI Nomor: 323/U/2000 dan Nomor : 045/O/2000 yang memberikan peluang kepada perguruan tinggi (vokasi) untuk secara nasional memperoleh kesetaraan pengakuan lulusan oleh dunia kerja dengan lulusan perguruan tinggi akademik. Jadi, melalui KKNI ini secara nasional memperoleh setiap program studi yang sejenis seharusnya menghasilkan lulusan dengan kompetensi atau learning outcomes yang disesuaikan dengan standard nasional, namun tidak membatiasi cara dan kegiatan pembelajaran (different pathways – standardized output/outcomes), untuk merumuskan kurikulum berdasarkan Konsep KKNI.
Program studi PBI menetapkan beban program studi sarjana PBI adalah 144-160 sks dengan lama studi 7-14 semester. Beban wajib minimum adalah 145 sks, sedangkan bagi mahasiswa yang ingin menempuh lebih dari itu disediakan mata kuliah yang bersifat pilihan dengan jumlah maksimal sampai dengan 16 sks.
Beban studi sarjana PBI 147 sks tersebut terdiri dari mata kuliah wajib Program studi sebanyak 138 sks yang meliputi mata kuliah wajib nasional (kurikulum inti), dan wajib STKIP ADZKIA dan PGSD ADZKIA, serta wajib bidang keahlian sejumlah 9 sks yang disusun dengan beberapa bidang keahlian. Masing-masing keahlian merupakan racikan mata kuliah yang mencerminkan arah minat khusus mahasiswa tetapi bukan merupakan speliasisasi. Selain itu juga kuliah wajib nasional sejumlah 8 sks, mata kuliah wajib STKIP ADZKIA sejumlah 18 sks.
Mata kuliah dikelompokkan ke dalam lima kelompok mata kuliah sebagai berikut
- Mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK) 14 sks
- Mata kuliah keilmuan dan keterampilan PBI (MKKPBI) 83 sks
- Mata kuliah keilmuan dan keterampilan keahlian (MKKK) 6 sks
- Mata kuliah keahlian berkarya (MKB) 23 sks
- Mata kuliah prilaku berkarya (MPB) 19 sks
- Mata kuliah berkehidupan bersama (MBB) 2 sks
Selain mata kuliah wajib mahasiswa dapat memprogramkan mata kuliah pilihan yang diitawarkan serta memprogramkan mata kuliah pilihan bidang keahlian dan lintas bidang keahlian.
KURIKULUM PBI TAHUN AKADEMIK 2018/2019
Semester I
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND001 | DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN | W | I | 3 | |
2 | IND002 | PENGANTAR LINGUISTIK UMUM | W | I | 2 | |
3 | IND003 | PENGANTAR KESUSASTRAAN | W | I | 2 | |
4 | IND004 | KETERAMPILAN MENDENGARKAN | W | I | 2 | |
5 | IND005 | KETERAMPILAN MEMBACA | W | I | 2 | |
6 | IND006 | KETERAMPILAN MENULIS | W | I | 2 | |
7 | IND007 | KETERAMPILAN BERBICARA | W | I | 2 | |
8 | STA401 | BAHASA INDONESIA | W | I | 2 | |
9 | STA402 | BAHASA INGGRIS | W | I | 2 | |
10 | STA403 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | W | I | 2 | |
11 | STA404 | KARAKTER SALIMUL AQIDAH | W | I | 0 | |
JUMLAH | 21 |
Semester II
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | STA405 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | W | II | 2 | |
2 | IND008 | RETORIKA | W | II | 2 | |
3 | IND009 | SEJARAH SASTRA INDONESIA | W | II | 2 | |
4 | IND010 | DASAR-DASAR KOMPOSISI | W | II | 2 | |
5 | IND011 | FONOLOGI BAHASA INDONESIA | W | II | 2 | |
6 | IND012 | ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN | W | II | 3 | |
7 | STA406 | PENDIDIKAN PANCASILA | W | II | 2 | |
8 | STA407 | WAWASAN KEISLAMAN | W | II | 2 | |
9 | STA408 | TAHFIDZ I | W | II | 1 | |
10 | STA409 | KARAKTER SHAHIH AL IBADAH | W | II | 2 | |
11 | IND013 | APLIKOM | W | II | 2 | |
JUMLAH | 22 |
Semester III
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND014 | DASAR-DASAR PENELITIAN | W | III | 3 | |
2 | IND015 | MORFOLOGI BAHASA INDONESIA | W | III | 3 | |
3 | IND016 | FOLKLOR/SASTRA NUSANTARA | W | III | 2 | |
4 | IND017 | APRESIASI PUISI | W | III | 2 | |
5 | IND018 | APRESIASI PROSA | W | III | 3 | |
6 | STA410 | ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR | W | III | 2 | |
7 | IND019 | SINTAKSIS BAHASA INDONESIA | W | III | 3 | |
8 | STA411 | PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN | P | III | 2 | |
9 | STA412 | MATINUL KHULUQ | W | III | 0 | |
10 | STA413 | PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | W | III | 2 | |
JUMLAH | 22 |
Semester IV
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | STA414 | PERSONALITY DEVELOPMENT | W | IV | 2 | |
2 | IND020 | MENULIS KARYA ILMIAH | W | IV | 2 | |
3 | IND021 | SEMANTIK BAHASA INDONESIA | W | IV | 2 | |
4 | IND022 | TEORI DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | W | IV | 3 | |
5 | IND023 | ASESMEN PEMBELAJARAN BAHASA | W | IV | 3 | |
6 | IND024 | MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | W | IV | 3 | |
7 | IND025 | METODE PENELITIAN PEMBELAJARAN | W | IV | 2 | |
8 | STA415 | TAHFIDZ II | W | IV | 1 | |
9 | IND026 | MENULIS KREATIF | W | IV | 2 | |
10 | STA416 | KARAKTER MUSTAFIQ AL FIKRI | W | IV | 0 | |
11 | STA417 | BIMBINGAN KONSELING | W | IV | 2 | |
22 |
Semester V
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND027 | PSIKOLINGUISTIK | W | V | 2 | |
2 | IND028 | PRAGMATIK BAHASA INDONESIA | W | V | 2 | |
3 | STA418 | KARAKTER MUJAHID LI AN NAFSI | W | V | 1 | |
4 | IND029 | STATISTIK PENDIDIKAN | W | V | 3 | |
5 | IND030 | KURIKULUM DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | W | V | 3 | |
6 | IND031 | SANGGAR BAHASA DAN SASTRA | W | V | 3 | |
7 | IND032 | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA | W | V | 3 | |
8 | IND033 | PROFESI JURNALISTIK | P | V | 2 | |
9 | IND034 | PEWARA I* | P | V | 2 | |
10 | IND035 | PROFESI PENYUNTINGAN | P | V | 2 | |
11 | STA419 | SIRAH NABAWIYAH | W | V | 2 | |
JUMLAH | 21 |
Semester VI
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND036 | ANALISIS GENRE TEKS BAHASA INDONESIA | W | VI | 2 | |
2 | IND037 | APRESIASI DRAMA | W | VI | 2 | |
3 | IND038 | KRITIK SASTRA | W | VI | 2 | |
4 | IND039 | SOSIOLINGUISTIK | W | VI | 2 | |
5 | IND040 | PENGAJARAN MIKRO | W | VI | 3 | |
6 | STA420 | BAHASA ARAB TERAPAN | W | VI | 2 | |
7 | STA421 | KARAKTER HARIIS ‘ALA WAQTIHI | W | VI | 1 | |
8 | STA422 | TARBIYATUL AULAD | VI | 2 | ||
9 | IND041 | ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA | W | VI | 2 | |
10 | IND042 | TEKNIK JURNALISTIK | P | VI | 2 | |
11 | IND043 | PEWARA II | P | VI | 2 | |
12 | IND044 | TEKNIK PENYUNTINGAN | P | VI | 2 | |
JUMLAH | 20 |
Semester VII
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND045 | PRAKTEK LAPANGAN KEPENDIDIKAN | W | VII | 4 | |
2 | STA423 | PROFESI KEPENDIDIKAN | P | VII | 2 | |
3 | STA424 | KARAKTER NAFI’II GHAIRIHI | W | VII | 1 | |
4 | STA425 | TAHFIDZ III | W | VII | 1 | |
5 | IND046 | PRAKTIK JURNALISTIK | P | VII | 3 | |
6 | IND047 | PEWARA III | P | VII | 3 | |
7 | IND048 | PRAKTIK PENYUNTINGAN | P | VII | 3 | |
8 | STA426 | FILSAFAT PENDIDIKAN | P | VII | 2 | |
JUMLAH | 11 |
Semester VIII
NO | KODE MTK | NAMA MTK | SIFAT | SMT | TOTAL SKS | DOSEN |
1 | IND049 | SKRIPSI | W | VIII | 6 | |
2 | STA427 | KARAKTER LANJUTAN | W | VII | 0 | |
JUMLAH | 6 |
Profil Lulusan PBI STKIP Adzkia seperti apa?
Profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan prodi di masyarakat atau dunia kerja, atau jawaban atas pertanyaan: “Setelah lulus nanti, akan menjadi apa saja lulusan program studi ini?”
Profil lulusan adalah basis perumusan kurikulum sebuah program studi, target sekaligus tolok-ukur berhasil/tidaknya sebuah kurikulum program studi untuk menghasilkan lulusan-lulusan dengan kompetensi yang diinginkan. |
Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan bahasa Indonesia, diharapkan dapat bekerja sebagai:
- Staf pengajar Bahasa Indonesia dalam dan luar negeri
- Peneliti pemula bidang pendidikan bahasa Indonesia,
- Wirausahawan bidang bahasa Indonesia serta pembelajarannya yang berakhlak mulia, berkemampuan akademis-profesional, berjiwa pemimpin, kreatif-inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
- Memiliki Soft Skill kemampuan berbicara (pewara atau penyiar radio.
- Memiliki kemampuan dibidang jurnalistik dan menulis kreatif.
Yuk intip serunya foto-foto kegiatan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia biar kamu makin semangat bergabung bersama kami!
Foto bersama Pembentukan Hima Bahasa Indonesia Angkatan Pertama
Kegiatan Rihlah PBI
Mengisi TAusiah di TVRI Padang
Seminar Kebahasaan dengan Pembicara ketua Forum Lingkar Pena (sastrawan) Ragde F Daye dan Prof. Dr. Syahrul R. M.Pd dengan tema “Jurus Baru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Diera 4.0”
Seminar Kepemimpinan oleh Hima