SEKILAS INFO
Friday, 7 August 2020
  • 4 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru STKIP Adzkia
14
Jul 2020
0
Ketua STKIP Adzkia: Pembelajaran Online Mesti Tetap Mengutamakan Pendidikan Karakter

Ketua STKIP Adzkia Dr Alfadhlani menyampaikan, meski menerapkan pembelajaran jarak jauh atau online di masa pandemi Covid-19, pendidikan karakter harus tetap ditanamkan kepada siswa.

Menurutnya, proses pembentukan karakter ini dimulai dari penerapan pembiasaan, pembudayaan, dan internalisasi menuju karakter.

“Pendidikan karakter ini, tidak hanya dilakukan oleh guru, namun juga keluarga di rumah dan masyarakat di lingkungan sosial,” ungkapnya dalam seminar online Guru di Era Pandemi, Inovatif Sebuah Kebutuhan yang diselenggarakan STKIP Adzkia, Senin (13/7/2020).

Ketua LPPM sekaligus Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bale Bandung Rina Andriani menambahkan, pembelajaran jarak jauh atau online bisa diterapkan melalui literasi digital.

Dia menjelaskan, ada tiga indikator literasi digital ini, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keluarga menjadi indikator yang sangat penting dalam literasi digital. Pasalnya, semua aktivitas termasuk belajar mengajar lebih banyak dilaksanakan di rumah atau di dalam lingkungan keluarga.

“Untuk itu peran orang tua mendominasi. Orang tua harus memiliki kebijakan untuk memilih informasi apa yang bisa diperoleh anak. Termasuk menyiapkan bahan dan informasi yang positif atau mengedukasi anak,” imbuhnya.

Sementara indikator lain yakni sekolah dalam hal ini guru, harus lebih aktif dalam menciptakan, menyusun, membuat materi ajar dan media pembelajaran yang dibutuhkan siswa.

“Selain itu, masyarakat juga harus berperan mengedukasi juga dalam memanfaatkan teknologi informasi. Karena dengan beredarnya informasi hoax bisa menyebabkan anggota masyarakat sulit untuk memilah informasi yang benar,” imbuh Rina.

Selain memanfaatkan teknologi, menurut Ketua Yayasan Adzkia Sumbar Muhardanus dt Sampono Kayo, guru juga harus berpikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran pada siswa di masa pandemi Covid-19.

“Langkah ini agar para guru ke depan bisa memberikan pengetahuan yang bermutu kepada siswa,” tukas Muhardanus dalam seminar online yang dimoderatori Ketua PPPM STKIP Adzkia Dr Jendriadi ini. (*)

Pengumuman

Alur Pendaftaran Gelombang ke-2

Panduan Penggunaan Google Classroom untuk Dosen

Panduan Penggunaan Google Classroom untuk Mahasiswa