SEKILAS INFO
Friday, 7 August 2020
  • 4 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru STKIP Adzkia
30
Jun 2020
0
Keinginan Kuat, Bisa Kuliah!

Siti Rominah
(Mahasiswa PBI STKIP Adzkia Angkatan 2018)

Ada saatnya waktu berpihak padamu dan ada saatnya waktu berganti peran menjadi belati tajam, mengajarkanmu perihal sebenarnya hidup.

Sekiranya waktu itu aku tidak bangkit dari keterpurukan, mungkin saat ini aku tidak akan bisa ada di status sekarang. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Inilah aku dengan serba-serbi kisah perjalanan menuju gelar sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP Adzkia. Demi menghadirkan senyum manis dari ibuku ketika gelar itu aku dapatkan kelak.

Kuliah adalah harapan yang menjadi bayang-bayang yang tidak mungkin digapai ketika engkau berada pada kehidupan yang sulit secara finansial. Mari Menjaga Bahasa Indonesia dari sKampus Rabbani STKIP Adzkia”
Siti Rominah
Mahasiswa PBI STKIP Adzkia Angkatan 2018

Ada saatnya waktu berpihak padamu dan ada saatnya waktu berganti peran menjadi belati yang tajam untuk mengajarkan mu perihal hidup. Sekiranya waktu itu aku tidak bangkit dari keterpurukan yang melanda duniaku, mungkin saat ini aku tidak akan bisa ada di posisi sekarang. “Seorang mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Inilah aku dengan serba -serbi kisah dalam perjalanan menuju gelar sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP Adzkia untuk menghadirkan senyuman manis dari ibuku ketika gelar itu telah aku dapatkan kelak.
Kuliah adalah harapan yang menjadi bayang-bayang yang tidak mungkin digapai ketika engkau berada pada kehidupan yang sulit secara finansial. Kebingungan, kegundahan, keputusasaan, dan rasanya tidak ada harapan lagi untuk melanjutkan pendidikan. Sebelumnya, aku juga ingin seperti mereka yang bersemangat melanjutkan kuliah di universitas impian, aku juga punya mimpi itu, tapi keinginan itu hanya mendekam di hati. Cukup sampai disini aku membuat ibu menderita, pergi pagi pulang sore demi menyekolahkan aku, tak kuasa jika masa tuanya dihabiskan hanya untuk mencari uang untukku sekolah.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah, aku hanya berdiam diri di rumah. Keinginan kuliah yang kupendam, hasrat ingin menjadi seperti teman-teman sengaja kusimpan rapat. Kasihan ibu yang selama ini sudah sangat bersusah payang berjuang, sendiri, tanpa ayah.

Namun, takdir memang mengejutkan, rencana Allah sungguh menakjubkan. Tiba-tiba seorang dosen dari STKIP Adzkia menghubungi dan beliau berkata ada tiga program studi yang apabila mendaftar dalam 20 pertama, akan mendapatkan keringanan uang semester. Tanpa pikir panjang aku mengiyakan tanpa berpikir uang pendaftaran datang dari mana, aku ingag guru di sekolah yang memberikan dukungan dan motivasi, membuat jiwa ingin kuliahku bergejolak. Dan lagi-lagi sungguh Allah Maha Baik, entah rejeki dari mana aku bisa membayar uang pendaftaran di STKIP Adzkia. Saat itu aku mengambil Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Alhamdulillah sekarang sudah semester 4.

Aku tutup kisah perjuanganku menuju bangku perkuliahan di SKTIP Adzkia, sekarang aku kabarkan sedikit bocoran tentang asyiknya berkuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia atau disingkat PBI merupakan prodi yang secara pokok merangkul tiga bidang ilmu yakni kependidikan, kebahasaan, dan kesusastraan. PBI sendiri didirikan untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia yang siap untuk mendidik dan menjadi guru Bahasa dan Sastra Indonesia.

Perlu diketahui, PBI ini meski difokuskan untuk mencetak generasi pendidik mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia jenjang SMP, SMA/SMK dan sederajat, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga bisa bekerja di bidang jurnalistik, reporter, presenter, editor, sutradara, sastrawan, pegawai kantor Balai Bahasa. PBI memberikan peluang lapangan kerja yang cukup menjanjikan, yakni menjadi guru bahasa Indonesia untuk penutur asing atau juga di sekolah-sekolah untuk anak Indonesia di luar negeri.

Di dalam prodi ini, secara umum dipelajari empat keterampilan berbahasa seperti: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di samping itu kamu bisa kuliah sambil baca-baca novel, puisi, drama dan lain-lain sambil belajar mata kuliah kesusasteraan. Ini adalah mata kuliah yang paling mengasyikkan dan santai tentunya. Penjelasan lebih dalam tentang PBI akan kita peroleh di kegiatan PERTAMA, atau Pekan Taaruf Mahasiswa.

Seiring banyaknya mata kuliah-mata kuliah yang menuntut banyak membaca dan menulis. Perlahan aku mulai mengasah kemampuan menulis. Dan sekarang aku sudah memiliki beberapa buku antologi, aku juga mulai memenangkan lomba-lomba seperti lomba puisi.

Antologi pertamaku judulnya Sahabat sampai Syurga, antologi kedua Jangan Pernah Lelah Melangkah dan antolgi ketiga Pamor Hati Rindu.

Aku bangga menjadi mahasiswa PBI. Tidak usah ragu, karena selagi kita hidup di Indonesia dan selagi masih menggunakan bahasa Indonesia, pasti lulusan bahasa Indonesia banyak dicari.

Semoga bermanfaat dan semoga menambah keyakinan jika ada keinginan dan keinginan itu baik, yakin Allah akan beri jalan. Jika ingin mengambil Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, jangan ragu. Di STKIP Adzkia, ilmu akademiknya dapat, ilmu agamanya juga, insyaAllah sukses dunia akhirat. (*)

Pengumuman

Alur Pendaftaran Gelombang ke-2

Panduan Penggunaan Google Classroom untuk Dosen

Panduan Penggunaan Google Classroom untuk Mahasiswa