STKIP Adzkia
STKIP Adzkia Jl. Taratak Paneh No. 7, Korong Gadang, Kuranji, Kalumbuk, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat 25175

Kemah Bakti dan Dakwah Mahasiswa


KBDM Tingkatkan Kepedulian Mahasiswa

Padang-Usai upacara kemerdekaan 17 Agustus, mahasiswa angkatan 2016 langsung mengikuti Kemah Bakti dan Dakwah Mahasiswa (KBDM) di Bungus, Teluk Kabung

Jumat-Minggu, (18-20/8). Kemah ini merupakan rangkaian dari acara menyambut dan memaknai kemerdekaan RI khusus untuk mahasiswa angkatan 2016.

"Semangat kemerdekaan, semangat kepedulian, semangat pengabdian untuk bangsa dan negara harus senantiasa dipupuk," tutur Ketua Panitia KBDM, Zulfahman Siregar.

Untuk dapat memiliki semangat tersebut, lanjutnya,kita harus menanamkan karakter yang kuat dalam tiap pribadi mahasiswa. "Kemampuan mereka memimpin diri sendiri untuk tetap menjadi baik akan mampu menumbuhkan keinginan untuk mengajak orang lain pada kebaikan, dan kemudian menetapkan keinginan menjadi manusia yang bermanfaat," paparnya.

Untuk wawasan kebangsaan, 185 mahasiswa Prodi PGSD dan PG PAUD, diberikan materi tentang "Merawat NKRI" oleh Danramil 07/Bungus Teluk Kabung Padang, Kapten Inf Misno, di Masjid Nurul Hidayah Bungsu Barat, Jumat malam (18/11).

Keesokan harinya, mahasiswa mengikuti program Ketuk Rumah Warga. Masing-masing mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan warga sekitar. Berbincang-bincang tentang pendidikan anak usia dini dan dasar.

Dalam perjalanan mengetuk rumah warga, mereka juga melakukan bersih-bersih sampah. Setiba di masjid para mahasiswa juga turut bergotong royong membersihkan masjid.

Masih dalam agenda pengabdian masyarakat, dosen-dosen STKIP Adzkia juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat Bungus Barat dan Bungus Timur terkait pendidikan anak usia dini dan dasar. "Pengetahuan dan kesadaran untuk memperhatikan anak-anak di usia emas dan usia dasar," kata dosen PGSD, Dr. Jendriadi.

Sementara itu mahasiswa PGSD, Selpinawuri, mengungkapkan bahwa pengabdian masyarakat juga KBDM memberikan banyak pelajaran pada dirinya. "Disini, kami diingatkan kembali tentang untuk apa kami kuliah, betapa harapan orangtua dan bangsa sangat besar kepada kami," tuturnya.

Selain itu, katanya, kami juga diajarkan berinteraksi langsung dengan masyarakat, termasuk menyalurkan bantuan berupa pakaian layak pakai berkualitas.

"Walau badan letih, tapi kami mendapatkan banyak kesan, mengevaluasi kembali satu tahun kami kuliah dan meluruskan serta meneguhkan niat," tutupnya, Minggu (20/8). (*)

Berita Terbaru



Kemah Bakti dan Dakw ...

Kemah Bakti dan Dakwah Mahasiswa

Monday, 21/08/2017 13:48:15

KBDM Tingkatkan Kepedulian Mahasiswa

Padang-Usai upacara kemerdekaan 17 Agustus, mahasiswa angkatan 2016 langsung mengikuti Kemah Bakti dan D ...


Brosur PMB STKIP ADZ ...

Brosur PMB STKIP ADZKIA

Saturday, 12/08/2017 17:35:42

Butuh Info Lebih Lanjut :
Fikar : 0858 3743 5599

Nanang : 0823 9153 9111

Alfi : 0853 6504 5034

×